Kapolda Sulut Buka Seminar “Kapeka” Korlantas Polri di Unsrat Manado

12 Oct 2022 - 12:10

MANADO, Humas Polda Sulut – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno membuka seminar bertajuk Kampus Pelopor Keselamatan (Kapeka) Berlalulintas yang diselenggarakan oleh Korlantas Polri, di Auditorium Fakultas Perikanan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, pada Rabu (12/10/2022) pagi.

Pembukaan seminar tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III Unsrat, Ketua Tim Seminar, Wadirlantas Polda Sulut, para narasumber, dan mahasiswa sebagai peserta.

Kapolda Sulut mengapresiasi seminar tersebut. Menurutnya, ini merupakan kegiatan positif dalam rangka meningkatkan kesadaran berlalulintas.

“Sehingga masyarakat khususnya kalangan civitas akademika menjadi generasi yang berlalulintas dengan baik dan benar, yang dapat menjaga keselamatan jiwa dari dampak-dampak pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas,” ujar Irjen Pol Mulyatno, usai membuka seminar.

Lanjutnya, keselamatan berlalulintas adalah hal yang sangat penting karena menyangkut perlindungan terhadap jiwa dan raga.

“Oleh karena itu, perlu sekali untuk terus dilakukan perilaku tertib berlalulintas dengan mengindahkan semua peraturan lalu lintas, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Irjen Pol Mulyatno.

Irjen Pol Mulyatno pun berharap, para peserta seminar ini bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas bagi rekan-rekan lainnya, keluarga, dan masyarakat.

“Diharapkan rekan-rekan mahasiswa setelah mengikuti kegiatan ini akan menyebarkan pentingnya tertib berlalulintas kepada orang lain. Sehingga bisa mencegah pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Rektor III Unsrat, Oktovian Berty Alexander Sompie. Menurutnya, seminar ini adalah kegiatan yang luar biasa.
“Ini luar biasa, sehingga bisa membantu Polri. Mahasiswa diharapkan menjadi pelopor keselamatan berlalulintas baik di lingkungan kampus maupun di tengah-tengah masyarakat supaya menunjang semua untuk kepentingan masyarakat umum,” singkatnya.

Sementara itu Kasubditdikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Arman Achdiat selaku Ketua Tim Seminar, mengucapkan terima kasih kepada pihak Unsrat Manado dan Polda Sulut atas kerjasama yang baik sehingga seminar ini dapat dilaksanakan.

“Apresiasi dan terima kasih kepada Unsrat Manado dan Polda Sulut. Ini merupakan program khusus setiap tahun oleh Korlantas Polri. Dan untuk tahun ini, di wilayah Sulawesi baru dilaksanakan di Unsrat Manado,” kata Kombes Pol Arman.

Dijelaskannya, seminar ini bertujuan untuk membangun budaya tertib berlalulintas sekaligus menjaga keselamatan anak-anak bangsa.

“Korlantas Polri terus menggalakkan kegiatan-kegiatan untuk menanamkan pemahaman tentang disiplin berlalulintas kepada masyarakat mulai dari usia dini hingga dewasa. Dan salah satunya adalah untuk kalangan civitas akademika,” kunci Kombes Pol Arman.

Mengawali seminar, para peserta mendeklarasikan mahasiswa sebagai pelopor keselamatan dalam mewujudkan road safety to zero accident. Setelah itu para peserta mendapat pembekalan materi dari pakar psikologi dan pakar transportasi.

Tak hanya itu, para peserta seminar juga dibekali dengan pengetahuan dan praktek tentang pertolongan pertama kecelakaan lalu lintas serta diakhiri dengan praktek safety riding. Dua materi terakhir ini disampaikan oleh Subdit Gakkum dan Tim Safety Riding Ditlantas Polda Sulut.

Bagikan :

KOMENTAR