Perdana, Polda Sulut Gelar Upacara Hari Juang Polri

21 Aug 2024 - 11:08

MANADO, Humas Polda Sulut – Polda Sulawesi Utara melaksanakan Upacara Hari Juang Polri yang jatuh pada tanggal 21 Agustus 2024.

Upacara Hari Juang Polri yang dilaksanakan perdana di Polda Sulut ini, dipimpin oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan, dan dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Bahagia Dachi, para PJU Polda, dan seluruh personel Polda Sulut, di halaman Presisi Mapolda Sulut.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Michael Irwan Thamsil mengatakan, momentum Hari Juang Polri untuk mengenang jasa para Polisi Istimewa dalam mempertahankan Kemerdekaan RI pada 79 tahun silam yang diawali dengan Proklamasi Polisi.

“Memperingati Hari juang Polri tidak hanya mengenang jasa para pahlawan, tetapi juga merenungkan bagaimana kita melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan dalam konteks yang lebih modern,” kata Kabid Humas.

Hari Juang Polri juga lanjutnya menjadi momentum untuk merenungkan kembali komitmen Polri dalam melayani dan melindungi masyarakat.

“Dengan semangat yang diwariskan oleh para pendahulu kita, mari kita terus berjuang untuk memperkuat institusi Polri dan meningkatkan citra Polri di mata masyarakat,” pungkasnya.

Upacara Hari Juang Polri di Polda Sulut ditandai dengan menyanyikan Mars Polri, hening cipta, pembacaan sejarah Hari Juang Polri, pembacaan Proklamasi Polisi, dan menyanyikan hymne Polri.

Diketahui, pada tanggal 21 Agustus 1945 tercatat peristiwa bersejarah ketika M Jasin membacakan teks Proklamasi Polisi. Peristiwa tersebut merupakan momentum penting yang memicu semangat anggota polisi untuk mendukung dan mempertahankan kemerdekaan RI dengan cara melakukan perlawanan terhadap kedatangan sekutu sampai dengan terjadi peristiwa 10 November 1945, dan perlawanan penjajahan Belanda dan Jepang di beberapa daerah. Nilai kejuangan inilah yang patut dipertahankan dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

Bagikan :

KOMENTAR