3 Rumah Rusak Terkena Longsor

11 Dec 2015 - 20:12

IMG-20151211-WA0005Tribratanewsjateng – Hujan deras yang terjadi Rabu (09/12) malam pukul 22.00 WIB  mengakibatkan 3 rumah rusak di RT 05/12 Dukuh Dono, Desa Tunjunngmuli. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun akibat bencana tersebut total kerugian korban ditaksir mencapai Rp 15 juta.

Adapun ketiga rumah yang rusak masing milik Asifudin (30),  Warsin (38), dan Sukirno (55), mereka merupakan warga RT 05/12 Dukuh Dono Desa Tunjungmuli. Kerusakan terparah dialami oleh Asifudin, rumah miliknya jebol pada bagian samping terkena tanah longsoran.

Kepala Desa Tunjungmuli, Joko Pranoto mengatakan, pemukiman warga yang persis di bawah tebing setinggi 5 meter membuat longsoran mengenai 3 rumah yang berada persis di bawah tebing.

Joko menjelaskan, akibat longsoran tersebut rumah Asifudin jebol pada bagian dinding samping rumahnya. Sedangkan, untuk Warsin longsor membuat dapur miliknya rusak parah terkena material longsor. Sedangkan rumah Sukirno menngalami rusak ringan pada bagian dapur.

Kapolsek Karangmoncol, AKP SE. Purwanto mengatakan, beruntung saat kejadian para korba masih terjaga. Sehingga, saat kejadian longsor warga langsung bisa keluar rumah dan menyelamatkan diri. “Mereka langsung mengungsikan keluarganya ketempat yang aman, tidak ada korban,” katanya.

Kamis (10/12) pagi, Kapolsek Karangmoncol beserta Babinkamtibmas Desa Tunjungmuli, dibantu masyarakat bergotong-royong  membersihkan longsoran tanah serta membantu memperbaiki rumah korban. Sehingga, para korban bisa kembali menempati rumah mereka.

Danramil Karangmoncol juga meminta warga yang memiliki rumah di sekitar tebing untuk waspada saat hujan lebat terjadi lama. Pasalnya, jarak tebing dan rumah yang berdekatan bisa berpotensi longsor dan membahayakan warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Priyo Satmoko mengatakan, laporan adanya longsoran yang mengenai 3 rumah warga di Desa Tunjungmuli sudah ia terima. Pihaknya juga sudah menurunkan tim ke lokasi guna melakukan pendataan.

(Arif – Humas Polres Purbalingga)

Bagikan :

KOMENTAR

Leave a Reply