Hebatnya TIM MANGUNI Polda Sulut, Netizen Posting Kejadian di Face Book, Pencuri Berhasil dibekuk!

14 Mar 2016 - 13:03
Tersangka Pencurian, MG alias Tina, Saat Ditangkap Tim Manguni di Rumahnya, Minggu (13/03/2016).

Tersangka Pencurian, MG alias Tina, Tak Berkutik Saat Ditangkap Tim Manguni di Rumahnya, Minggu (13/03/2016).

MANADO, Humas Polda Sulut – Tim Manguni 1.1 Ditreskrimum Polda Sulut dibawah pimpinan Iptu Fandy Bau, berhasil ‘mencengkeram’ MG alias Tina, tersangka pencurian di Manado Town Square (Mantos) 3, Minggu (13/03/2016) sekitar pukul 01.50 WITA. Hal ini seperti yang disampaikan Dirreskrimum Polda Sulut, Kombes Pol. Pitra Ratulangi, melalui akun Face Book (FB) pribadinya, yang juga di-share ke akun group FB ‘MANGUNI TEAM 123 Reskrimum’, Senin (14/03/2016).

Dirreskrimum Polda Sulut, Kombes Pol. Pitra Ratulangi.

Dirreskrimum Polda Sulut, Kombes Pol. Pitra Ratulangi.

Dijelaskan Dirreskrimum, tersangka dibekuk tanpa perlawanan di rumahnya, di Kecamatan Maesa Bitung Timur, Kota Bitung. Dari tangannya, Tim menyita barang bukti berupa uang sisa hasil kejahatan sejumlah Rp. 1.952.000,-. Diinterogasi Tim Manguni 1.1, tersangka mengaku melakukan aksinya bersama dua orang temannya yaitu I dan F. Keduanya kini menjadi buronan Polisi.

Terungkapnya kasus ini bermula dari postingan seorang netizen, CP, (yang juga merupakan suami korban), di akun group FB MANGUNI TEAM 123 Reskrimum, tentang kasus pencurian yang dialami oleh isterinya. Dalam postingan yang diunggah Minggu (13/03/2016) pagi, suami korban menuliskan, aksi ini terjadi pada Sabtu (12/03/2016) sekitar pukul 20.46 WITA. Saat itu sedang ada acara konser dan korban sementara berada di atas panggung.

Aksi Tersangka Terekam oleh CCTV Mantos 3

Aksi Tersangka Terekam oleh CCTV Mantos 3

Berdasarkan hasil rekaman CCTV dari pihak Security Mantos 3, suami korban pun menceritakan kronologi singkat kejadian ini. Tersangka ternyata telah mengincar korban, karena sempat melihat korban mengeluarkan uang untuk membayar makanan. Tak lama kemudian, tersangka berpura-pura duduk di dalam stand dan mendekati tas korban, lalu mengambil sejumlah uang. Sadar isterinya menjadi korban pencurian, mereka segera melaporkan kejadian ke Polsek Sario.

Berbekal laporan polisi dan informasi postingan tersebut, Tim yang dilaunching oleh Kapolda Sulut, Brigjen Pol. Drs. Wilmar Marpaung, SH, pada bulan Agustus 2015 ini pun bertindak cepat. Tim melakukan deteksi keberadaan tersangka di wilayah Kota Manado dan Bitung. Berkat analisa cepat di lapangan, Tim Manguni berhasil mengunci tersangka yang sedang berada di Kota Bitung. Ini merupakan kasus ke sekian kali yang berhasil diungkap Tim Manguni melalui postingan netizen di FB.

Tim Manguni Polda Sulut Sesaat Setelah dilaunching oleh Kapolda Sulut, Agustus 2015 Lalu.

Tim Manguni Polda Sulut Sesaat Setelah dilaunching oleh Kapolda Sulut, Agustus 2015 Lalu.

Tim Manguni Polda Sulut memang dikenal memiliki komunitas beranggotakan ribuan orang di media sosial FB. Melalui media ini beragam informasi, terutama kriminalitas, seakan tiada henti ter-posting dan mendapat respon cepat dari Anggota Tim. Tak heran, jika kehadiran Tim Khusus berlogo burung khas Sulawesi Utara ini banyak menuai apresiasi positif dan dukungan dari para ‘Manguni Lovers’, sebutan masyarakat pecinta Tim Manguni.

Usai berhasil menangani kasus, informasinya pun segera dipublikasikan kepada masyarakat. Termasuk dalam penanganan kasus pencurian ini, yang semakin menambah rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap tim. Dirreskrimum tak lupa selalu mengucapkan terimakasih kepada para Manguni Lovers, atas informasi dan kerjasama dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Terimakasih atas info2 dan partisipasi para netizen Manguni 123 Reskrimum Lovers yg selalu memberi info2 kriminal dan situasi keamanan yg ada di sekitar lingkungannya. Salam Manguni Team 123 Lovers area Manado n Bitung,” tulis Dirreskrimum dalam postingannya tersebut.

Bagikan :

KOMENTAR