Operasi Zebra Dimulai, Kapolres Kepulauan Talaud Ajak Masyarakat Patuhi Tata Tertib Lalu Lintas

26 Oct 2020 - 09:10

MANADO, Humas Polda Sulut – Pihak kepolisian menggelar Operasi Zebra secara serentak selama dua pekan, mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020 mendatang.

Terkait pelaksanaan operasi tersebut, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma Sari Irawan mengajak masyarakat untuk tertib berlalulintas.

“Pengendara sepeda motor jangan lupa pakai helm SNI, pengemudi mobil wajib memasang sabuk pengaman. Kemudian saat berkendara harus membawa surat-surat, dan memakai masker,” kata Kapolres usai apel pagi, Senin (26/10).

Operasi Zebra ini dalam pelaksanaannya di lapangan lebih mengutamakan tindakan preemtif dan preventif.

Sasaran operasi antara lain, penggunaan helm, pemasangan rotator dan sirine yang bukan peruntukannya, serta pelanggaran muatan.

Kemudian, memuat atau mengangkut orang dengan kendaraan bak terbuka, berhenti di sembarang tempat dan di tempat terlarang.

Lalu mengemudikan kendaraan melawan arus lalu lintas atau di bahu jalan, tidak menggunakan sabuk keselamatan, serta menggunakan handphone saat berkendara.

Operasi juga menyasar sepeda motor berboncengan lebih dari dua orang, tidak menyalakan lampu utama pada siang hari, tidak memakai spion atau penggunaan plat nomor dan knalpot tidak sesuai aturan atau standar.

“Termasuk pengawalan perorangan atau rombongan yang tidak sesuai dengan ketentuan, menyeberang jalan bukan pada tempatnya, berjualan di bahu jalan, parkir liar, derek liar, balapan liar dan aksi kebut-kebutan,” pungkas Kapolres.

Bagikan :

KOMENTAR