Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Samrat 2023 Polres Tomohon

10 Jul 2023 - 12:07

MANADO, Humas Polda Sulut – Polres Tomohon melakukan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Samrat 2023, pada Senin (10/7) pagi, di aula Mapolres.

Apel gelar pasukan operasi yang mengusung tema, “Patuh dan Tertib Berlalulintas Cermin Moralitas Bangsa” ini, dipimpin Asisten I Pemkot Tomohon O.D.S. Mandagi.

Apel dihadiri oleh Wakapolres Tomohon Kompol Ferdinand Runtu beserta pejabat utama, dan Kapolsek jajaran, perwakilan Forkopimda serta Kadishub. Dengan peserta apel di antaranya, personel TNI-Polri, Dinas Perhubungan, dan Bapenda Kota Tomohon.

Sementara itu Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam amanat tertulis dibacakan pimpinan apel mengatakan, apel gelar pasukan ini merupakan bagian penting yang harus dilaksanakan dalam suatu proses manajerial.

“Untuk memastikan bahwa Polri beserta seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat benar-benar siap, baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan sebelum diturunkan ke lapangan,” kata Mandagi.

Lanjutnya, melalui apel ini diharapkan dapat dilakukan pengecekan mendetail sehingga seluruh rencana yang telah dirancang dengan matang dapat diimplementasikan secara optimal.

“Dengan demikian, keamanan, kenyamanan, dan kondusivitas dalam berlalulintas benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Mandagi.

Disampaikannya, situasi terkait kamseltibcarlantas, angka kecelakaan lalu lintas selama 3 bulan terkahir mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 87,25 persen, dari sejumlah 226 kecelakaan pada bulan Maret menjadi 231 kecelakaan pada bulan April dan 259 kecelakaan pada bulan Mei. Untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas juga mengalami kenaikan sebanyak 70 persen.

“Oleh karena itu, dalam rangka memelihara kondusivitas kamtibmas menjelang tahap pesta demokrasi Pemilu tahun 2024, Polri beserta seluruh jajaran didukung kekuatan TNI, instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya, menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Patuh samrat 2023 selama 14 hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 23 juli 2023, yang difokuskan pada bidang lalu lintas, dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum secara proporsional. Semoga seluruh pengabdian yang kita lakukan dengan penuh keikhlasan, memperoleh nilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Selamat bertugas,” tutup Mandagi membacakan amanat.

Bagikan :

KOMENTAR