Bentuk Transparansi Anggaran Polres Magelang Sosialisasikan DIPA TA. 2016

20 Jan 2016 - 18:01

DSC_0285 - CopyTribratanewsjateng – Kapolres Magelang Ajun Komisaris Besar Polisi Zain Dwi Nugroho, SH,SIK, Msi, telah menyampaikan Paparan sosialisasi DIPA Polres Magelang Tahun Anggaran 2016.

Sosialisasi berlangsung di Aula Polres Magelang Rabu(20/1), dengan dihadiri oleh Kabag, Kasat, Kapolsek dan Kasi, juga undangan dari unsur Pemda diwakili Assisten III, Wakil Ketua DPRD, LSM, Wartawan, Tomas, dan Toga.

Dalam pengarahnnya Kapolres Magelang menyampaikan bahwa Sosialisasi DIPA ini di sampaikan kepada Bagian, Satuan , Kapolsek dan Fungsi, dengan di saksikan juga dari unsur Pemda , DPRD, LSM,Wartawan, Tomas dan toga, dengan  maksud untuk memberikan gambaran kepada semua elemen Masyaakat dan pemerintah tentang alokasi penggunan Dana kegiatan dan Operasional Polres Magelang tahun Anggaran 2016, secara transparan tidak ada yang di tutup tutupi.

DIPA yang ada merupakan dukungan Anggaran Kepolisian untuk dipergunakan Polres Magelang dalam menjalankan kegiatan pelayanan kepada Masyarakat, dengan Dukungan anggaran dimaksud untuk meningkatkan kinerja Kepolisian dalam bertugas sebagai Pelindung,Mengayomi, dan Pelayan masyarakat,  serta penegakan hukum ,guna menciptakan kamtibmas yang mantap di wilayah Kabupaten Magelang.

Dalam anggaran Dipa tahun 2016 Polres Magelang mendapatkan anggaran sebesar Rp.82.602.004.000,  berarti ada kenaikan  sebesar Rp. 4.239.395.000,- dari tahun 2015 sebesar Rp. 78.362.649.000,- sehingga naik 5,41 %.

Dengan kenaikan anggaran tersebut dalam perincian penggunaan, ada pos pos tertentu yang turun , antara lain penurunan terjadi pada pos Belanja Pegawai turun 5,91 %, dari Rp. 64.721.373.000,- menjadi Rp. 60.894.357.000,- sedangkan Pos pos yang lain rata rata ada kenaikan dan penambahan.

Langkah langkah setelah sosialisasi Dipa ini, Kapolres Magelang menekankan dan memerintahkan kepada Bagian, Satuan Fungsi, serta Polsek, untuk segera melakukan pengecekan kembali kebenaran Dipa Satker/Sub Satker yang di terima, Menyusun rencana pendistribusian anggaran ( Rendisgar ), Menyusun perjanjian kinerja tahun 2016, Menyusun Komitmen bersama yang di tanda tangani Kasatker dan Kasubsatker, Menyusun rengiat anggaran tahun dan Bulan, PPK agar melaksanakan lelang pengadaan barang dan jasa untuk anggaran yang harus di lakukan lelang, Agar Subsatker mengadakan sosialisasi DIPA TA 2016 kepada anggotanya sehingga dalam anggaran DIPA betul betul transparan, masing masing subsatker mengajukan rencana kebutuhan (Renbut ) anggaran kepada KPA,demikian Zain Dwi Nugroho, SH,SIK,Msi, dalam menghakiri paparannya.

Selesai paparan di lanjutkan dengan Penandatanganan secara simbolis Perjanjian Kinerja tahun anggaran 2016, oleh Kapolres Magelang.

(Wahyu – Humas Res Magelang)

Bagikan :

KOMENTAR