Launching Aplikasi LAPOLDES Polres Klaten

29 Dec 2015 - 19:12
IMG_7767_resizeTribratanewsjateng – Kepala Kepolisian Resor  Klaten, AKBP Langgeng Purnomo meluncurkan sistem aplikasi Laporan Polisi Desa atau Lapoldes untuk para Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Klaten. Launching itu dilaksanakan seusai Polres Klaten menerima hibah sistem aplikasi tersebut dari Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Komputer Universitas Widyadarma Klaten, Rizki Karya Utami dan Rohmat Winardi, Senin malam (28/12) di Joglo Monumen juang GOR Gelarsena, Klaten.
Sistem aplikasi tersebut diciptakan untuk mempermudah komunikasi dan pengawasan antara Bhabinkamtibmas, pimpinan dan Satuan Binmas sebagai pengemban fungsi terkait, hanya dengan mengirimkan SMS (Short Message System), maka laporannya dapat langsung diterima, ditampilkan dan disimpan pada software atau komputer di Polres yang telah terintegrasi dengan nomor telepon seluruh Bhabinkamtibmas jajaran Polres Klaten.
Aplikasi tersebut memungkinkan pelaporan para Bhabinkamtibmas dapat terkomulir seluruhnya secara online hanya dengan mengirimkan SMS via Handphone saja. Selain itu aplikasi itu juga bekerja dua arah, artinya manakala Polres memberikan informasi, maka secara otomatis para Bhabinkamtibmas akan menerima sms dari sistem aplikasi tersebut secara serentak atau per orangan.
Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo dalam launcing Lapoldes menjelaskan bahwa Polres Klaten tahun 2016 telah menempatkan 309 Bhabinkamtibmas di desa-desa wilayah Kabupaten Klaten, aplikasi ini sangat membantu untuk menyerap informasi  dan memantau segala permasalahan yang ada di setiap wilayah, “Dengan aplikasi ini kita bisa merespon atau menindaklanjuti kejadian maupun permasalahan yang ada dari laporan para Bhabinkamtibmas dengan cepat”, ungkap Kapolres.
“Bisa dibayangkan, bagaimana kami bisa memantau dan mengontrol 309 Bhabinkamtibmas jika tidak dibantu sistem pelaporan seperti ini, dengan adanya aplikasi ini laporan dapat dipantau setiap saat”, imbuh Kapolres Langgeng. Menurutnya, dengan adanya sistem pelaporan cepat ini akan memberikan kontribusi bagi fungsi kepolisian lainnya sebagai contoh, dalam rangka deteksi dini serta penegakan hukum.
Tidak lupa Kapolres Klaten juga menyampaiakan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kampus Unwidha Klaten, dan secara khusus kepada Rizki Karya Utami dan Rohmat Winardi, dua Mahasiswa yang telah membangun sistem aplikasi Lapoldes Polres Klaten tersebut.
Pada kesempatan yang sama wakil Rektor 3 Universitas Widyadharma Gunawan Budi Santoso juga mengapresiasi langkah Polres Klaten yang telah memberikan kesempatan kepada Unwidha untuk mengaplikasikan sistem Lapoldes Polres Klaten. “kami berharap sistem aplikasi ini dapat memberikan manfaat, ini selaras dengan filosofi Tri Darma yaitu pengabdian kepada masyarakat,  ini juga merupakan wujud cinta tanah air melalui institusi Polri”, tegasnya.
Acara yang dihadiri tidak kurang dari  230 orang itu, tampak dihadiri Pjs Bupati Klaten Joko Sawaldi, para Muspida, tokoh masyarakat, BEM serta Menwa dari Universitas Widya Dharma Klaten dan tak lupa para pejabat utama Polres Klaten beserta jajarannya.
(Eriqo – Humas Polres Klaten)
Bagikan :

KOMENTAR