Satgas Garuda Bhayangkara FPU 5 MINUSCA Bangun Monumen GWK di Afrika Tengah

17 Sep 2024 - 13:09

MANADO, Humas Polda Sulut – Tiga personel Polda Sulut yang tergabung dalam Satuan Tugas Garuda Bhayangkara FPU 5 MINUSCA dalam misi menjaga perdamaian di Negara Afrika Tengah, bersama dengan rekan-rekan lainnya dari seluruh Indonesia, membangun sebuah monumen Garuda Wisnu Kencana.

Ketiga personel utusan Polda Sulut yaitu masing-masing Briptu Putri D. G. Pontoh dari Ditreskrimsus, Bharaka Gunawan Kasenda dan Bharaka Muarir Awumbas dari Brimob.

Menurut Briptu Putri, Monumen Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini merupakan bentuk promosi negara Indonesia kepada rekan-rekan dari negara lain.

“Monumen GWK ini merupakan salah satu monumen yang terkenal yang berada di Bali, merepresentasikan negara Indonesia yang penuh keragaman dan pewujudan perdamaian,” kata Briptu Putri.

Pembangunan tersebut juga katanya tidak lepas dari kerja sama antar negara yang turut bertugas (Police Contributing Countries), sehingga selain tugas pokok, mereka juga bisa membangun relasi bahkan mempromosikan negara Indonesia.

Saat ini Satgas FPU 5 Minusca sudah bertugas memasuki bulan ke-12, dan pada tanggal 2 September 2024 telah menerima Medali UN dan dari Kepolisian serta Pemerintah Afrika Tengah sebagai apresiasi pengabdian di Afrika Tengah.

“Ini juga menandakan bahwa tidak lama lagi Satgas kami akan melaksanakan rotasi dan kembali ke tanah air. Kami mengharapkan kontribusi kami di misi bisa membawa pengaruh bagi terjaganya perdamaian di Afrika Tengah bahkan di dunia,” tutup Putri.

Bagikan :

KOMENTAR