Tingkatkan Pengawasan Kinerja, Kapolres Bolmong Akan Terapkan Video Call

08 Sep 2016 - 13:09
sidak-1

Anggota Sie Propam Polres Bolmong Saat Sidak di Ruang Sat Reskrim

MANADO, Humas Polda Sulut – Peningkatan pengawasan kinerja anggota terus dilakukan Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) dan jajaran. Hal tersebut bertujuan untuk menegakkan ketertiban serta kedisiplinan personel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Seperti yang dilaksanakan Sie Propam, Rabu (07/09/2016) siang. Kasie Propam Polres Bolmong, Ipda Edy Santoso, memimpin langsung inspeksi mendadak (sidak) disejumlah ruangan di Mapolres, diantaranya ruang pelayanan Reskrim, SIM, SKCK, SPKT dan penjagaan.  

 

 

sidak-2

Ruang Pelayanan Masyarakat, Salah Satunya Pelayanan SIM, Juga Tak Luput Dari Sidak

Dikatakannya, usai jam istirahat siang kadang kala dimanfaatkan oleh segelintir anggota untuk melakukan kegiatan lain diluar kedinasan. “Biasanya dijam-jam tersebut ada anggota yang meninggalkan ruangan, padahal pekerjaan masih banyak,” ujar Kasie Propam.

Bila kedapatan ada anggota yang meninggalkan tugas sebelum waktunya, akan dicatat dan dilaporkan kepada Kapolres. “Ini merupakan bagian dari penegakan disiplin internal,” tambahnya. “Nantinya, sidak rutin ini tidak hanya dilakukan di lingkungan Polres saja, namun juga sampai di Polsek jajaran,” pungkas Kasie Propam.

Sementara itu Kapolres Bolmong, AKBP William Simanjuntak mengatakan, sidak akan terus dilakukan kendati sudah terpasang CCTV diberbagai tempat di Mapolres. “Saat ini kegiatan anggota sudah termonitor melalui kamera pengawas. Namun alangkah lebih baik lagi kalau dicek langsung, agar sinkron dan nyata,” kata Kapolres.

Kedepan, lanjutnya, akan diterapkan sistem video call bagi para pejabat, perwira serta Kapolsek jajaran. “Untuk mengetahui apa benar mereka sedang di tempat maupun wilayah,” tegas Kapolres. “Disiplin memang tidak dapat dipaksakan, tapi harus datang dari hati nurani yang ikhlas,” tambahnya.

Berkaitan dengan hasil sidak, Kapolres tinggal menunggu laporan dari Sie Propam. “Bagi anggota yang terbukti melanggar, akan diminta pertanggung jawabannya. Jika perlu akan diproses sidang disiplin sebagai efek jera,” tandasnya.

Bagikan :

KOMENTAR