Urai Kemacetan Jelang Nataru, Ditlantas Polda Sulut Bentuk “Tim Carli”

19 Dec 2019 - 12:12

MANADO, Humas Polda Sulut – Meminimalisir kemacetan arus lalulintas khususnya menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, menjadi salah satu prioritas Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan jajaran.

Menjawab tantangan tersebut, maka Ditlantas Polda Sulut membuat sebuah terobosan sebagai wujud nyata pemecahan masalah, dengan membentuk “Tim Carli” (Kelancaran Lalulintas).

Hal ini dilakukan mengingat tingginya aktivitas dan mobilitas masyarakat maupun kendaraan menjelang Nataru (Natal dan Tahun Baru), yang tak dipungkiri bisa menimbulkan kemacetan.

Tim Carli diresmikan langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto sesaat usai berlangsungnya Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat-2019, Kamis (19/12) pagi, di Mapolda.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Kamis 19 Desember 2019, pukul 09.00 WITA, Tim Carli Ditlantas Polda Sulut saya nyatakan dioperasionalkan. Semoga membawa kebaikan untuk kita semua. Amin,” ujar Kapolda, disusul dengan mengibaskan bendera start bersama Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang, dan Dirlantas, Kombes Pol Iwan Sonjaya.

Usai diresmikan, Tim Carli yang diawaki oleh para personel Polisi Wanita (Polwan) Ditlantas Polda Sulut dengan mengendarai sepeda motor matic operasional ini, langsung melakukan show off force di ruas jalan Kota Manado.

Kapolda melalui Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, Tim Carli ini memiliki beberapa tugas. “Di antaranya, mengurai kemacetan arus lalulintas dengan cepat dan responsif di titik-titik rawan macet di sekitar Kota Manado,” jelasnya.

Kemudian juga memberikan pelayanan kepada masyarakat sekaligus menyampaikan informasi kepada pengguna jalan, serta sosialisasi tentang tertib berlalulintas. Dalam pelaksanaan tugasnya, Tim Carli diawasi oleh Perwira Polwan Ditlantas Polda Sulut.

Dan untuk merespons laporan masyarakat tentang kemacetan, Ditlantas Polda Sulut juga menyediakan nomor layanan informasi, yaitu 08114352188 dan 08114352235.

Melalui dua nomor tersebut, masyarakat yang mengetahui terjadinya kemacetan bisa melapor, dan secepat mungkin akan ditindaklanjuti oleh petugas di lapangan. (*rons)

Bagikan :

KOMENTAR